Selasa, 04 Oktober 2016

Mendikbud: Tahun 2020 Semua Sekolah Sudah Terapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Sahabat pembaca Info Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Sudah tahukah anda bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhajdir Effendy tetap akan menjalankan program penambahan jam sekolah. Bahkan saat ini pihaknya telah menyiapkan peta jalan hingga 2020.

Dijelaskan Muhajdir, penambahan jam sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Siswa akan diarahkan untuk belajar kearifan lokal guna penguatan karakter. Pasalnya, penyelenggaran PPK ini tidak hanya di sekolah tetapi di luar lingkungan sekolah dengan memanfaatkan semua kearifan lokal dan sekolah tetap sebagai penanggung jawab.

"PPK ini bisa di sekolah atau luar sekolah yang akan dijalankan dengan ramah, menyenangkan, antikekerasan. Struktur programnya sudah ada. Peta jalan PPK konsepnya sudah selesai. Sekolah uji coba telah ditetapkan ada 50 dan di luar itu ada sekolah yang sukarela menjadi tempat uji coba. Nanti 2017 akan bertambah dan akhir 2020 semua sekolah sudah melaksanakan PPK," kata Muhadjir pada Raker DPD Komite III dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komite III DPD, Fahira Idris, di Gedung DPD, Senin (3/10).

Peta jalan PPK tersebut dimulai dari pematangan konsep yang akan dilakukan pada Oktober hingga Desember 2016 dengan uji coba tahap satu dan dua. Berdasarkan peta jalan, tahap satu akan ada 42 sekolah yang menerapkan PPK. Sedangkan tahap dua 500 sekolah.

Sementara itu untuk 2017, Muhajdir menyebutkan, akan ada implemntasi mandiri dan bertahap. Ia menargetkan pada 2017, ada 1.626 sekolah SD dan SMP yang menerapkan PPK. Sedangkan 2018 ditargetkan 3.252 sekolah dari 34 provinsi. Sedangkan untuk 2019 dan 2020, pihaknya hanya akan melakukan pengembangan PPK mandiri hingga 2020 PPK diimpementasikan di seluruh sekolah.

Muhajdir mengatakan, ada beberapa kabupaten yang telah siap menjalankan PPK. Seperti Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) merupakan salah satu yang siap menjalankan PPK. Selain itu, ada Provinsi Aceh yang telah siap.

Untuk daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T), Muhajdir mengatakan, akan ada paket khusus. Tidak menutupi kemungkinan PPK ini akan diperkuat dengan pembentukan boarding school atau sekolah berasrama. Dalam hal ini anak didik di asrama salama lima hari. Pada Sabtu, orangtua dapat menjenguk anak. Mereka dapat berkumpul karena telah ditetapkan sebagai hari libur sebagai kompensasi penambahan jam sekolah.

Untuk menyukseskan program tersebut, Muhajdir menuturkan, pihaknya mengubah peran dari kepala sekolah, komite sekolah dan perilaku guru.

Berita ini bersumber dari BERITASATU.COM.

1 komentar:

  1. Informasi
    Bagi teman2 honorer yang sudah lama mengapdi belum terangkat PNS di karenakan

    - Tidak lolos seleksi CPNS
    - Terkendalah soal tes CPNS
    - Belum masuk DATA BASE CPNS
    - Pegawai kontrak lama non PNS
    - honorer lama non PNS
    -
    Bisa dikonfirmasikan langsung ke BKN pusat JKT
    Langsung ke direktur pengadaan dan kepangkatan pns BKN pusat
    Bpk Drs. Aidu Tauhid M.SI No tlp (021) 49055 088/hp 082 349 747 870
    Sudah banyak honorer di bantu oleh beliau...wassalam
    BKN Pusat : Jl. Letjen Sutoyo No. 12. Jakarta Timur 13640.. DKI JAKARTA.

    BalasHapus